Bengkel Sliding Door Mobil, Kelebihan dan Kekurangan

Teknologi yang digunakan pada mobil terbaru saat ini makin berkembang dengan pesat. Tak hanya dari segi mesinnya saja, tapi di bagian – bagian sederhana pada mobil pun juga ikut ditingkatkan. Salah satunya yaitu di bagian pintu, itulah kenapa layanan service sliding door mobil hadir di tengah tengah kita.

Jenis pintu mobil sebelumnya hanya terdapat satu jenis saja, yaitu pintu yang dibuka keluar. Namun saat ini telah banyak sekali model – model pintu yang digunakan oleh mobil terbaru. Salah satu yang bisa Anda temukan yaitu mobil dengan konsep itu sliding door.

Sliding door sendiri adalah pintu mobil yang mana sistemnya dibuka tutup bukan ke arah luar, melainkan dengan cara digeser ke arah samping. Hal tersebut tentunya semakin memudahkan para pengguna ketika ingin masuk ke dalam mobil. Terlebih ketika mereka parkir di tempat dengan ruangan yang sempit.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Sliding Door Mobil ?

Sliding door mobil juga memiliki kekurangan dan kelebihan dalam penggunaannya. Terlebih lagi untuk pintu dengan model geser tersebut, para pemilik harus melakukan perawatan rutin agar nantinya pintu tidak menimbulkan masalah atau mengalami kerusakan. Berikut ini adalah keunggulan serta kekurangan dari penggunaan sliding door pada mobil.

Keunggulan

Sliding door atau pintu dengan model geser memiliki dua varian yaitu otomatis dan juga manual. Untuk modal yang manual di sini para pemakai harus mendorong dan menarik sendiri pintu tersebut. Sedangkan untuk yang sistem otomatis, maka cara penggunaannya yaitu dengan Anda cukup menekan tombol. Nantinya pintu tersebut akan membuka maupun menutup dengan sendirinya.

Keberadaan pintu geser ini tidak dapat dipungkiri telah memudahkan para pengguna mobil ketika mereka hendak parkir. Untuk mobil dengan pintu biasa terkadang daun pintu sulit untuk dibuka, serta bisa saja menyenggol mobil lain yang disampingnya. Sedangkan untuk pintu yang terbuka dengan arah horizontal akan memudahkan bagi para pengguna untuk keluar masuk.

Penggunaan lainnya yang dimiliki oleh sliding door mobil tersebut yaitu lebih mudah untuk tertutup rapat. Sedangkan untuk pintu jenis biasanya Anda perlu menutup ulang atau harus menekannya dengan cukup keras agar bisa menutup rapat.

Untuk jenis-jenis mobil kelas menengah atas Anda juga bisa menemukan alat sensor keselamatan di bagian pintu geser mobil. Sensor ini nantinya akan bekerja dalam menahan pintu ketika akan menutup ketika terdapat benda ataupun anggota badan. Dengan begitu nantinya resiko Anda akan terjepit oleh pintu jadi lebih kecil.

Kekurangan

Penggunaan sliding door mobil ini nyatanya juga memiliki kekurangan. Berbeda dengan penggunaan pintu biasa yang hanya memerlukan kunci pengait dan juga engsel. Pada pintu dengan sistem geser membutuhkan penyangga dan juga rel.

Hal itulah yang perlu untuk Anda perhatikan sebagai pemilik mobil. Seringkali di sini di bagian bearing tidak dapat terhubung dan juga rel berkarat karena Anda tidak pernah rutin memeriksanya. Kekurangan lainnya yaitu untuk jenis mobil menengah ke bawah tidak terdapat sensor keselamatan. Karena itu Anda harus lebih berhati-hati agar nantinya pintu tidak menjepit anggota tubuh ketika hendak ditutup.

Itulah tadi ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan sliding door mobil. Bagi Anda yang memiliki mobil dengan pintu model geser, maka perlu untuk melakukan perawatan secara rutin. Jika terdapat masalah pada sliding door mobil, maka Anda sebaiknya segera membawa pada bengkel spesialis sliding door mobil.

Dengan membawanya pada bengkel spesialis tentu mereka bisa menangani sliding door dengan lebih baik karena telah berpengalaman jika dibandingkan dengan bengkel yang bukan spesialis pintu mobil.

Tinggalkan Balasan